Pengaruh Entertainment, Informativeness Dan Irritation Terhadap Advertising Values Situs WWW.TELKOMSEL.COM (Studi kasus pada Mahasiswa Pengguna Internet di UPT Komputer Universitas Riau)

Lilis Sulistiowaty, Raden Lestari Garnasih, Edy Suranta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari entertainment yangmencerminkan kemampuan iklan untuk memberikan kesenangan / hiburan, informativeness yangmencerminkan kemampuan iklan untuk menyuplai informasi kepada konsumen dan irritationmencerminkan jika iklan tersebut menggunakan teknik yang mengganggu ataupun memanipulasi.Penelitian ini dilakukan di UPT Komputer Universitas Riau dan dengan memakai dua metode yaitumetode analisis deskripriptif dan metode analisis kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitianmenggunakan purposive sampling method. Populasi dalam penelitian berjumlah 712 orang danjumlah sampel berjumlah 90 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengujianhipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Disamping itu juga dilakukanuji asumsi klasik dan transformasi data kuesioner..Hasil penelitian menunjukkan nilai R2 sebesar 0.531 (53.1 %) sisanya sebesar 0.469 (46.9 %)dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Hasil uji simultan dan ujiparsial menunjukkan bahwa ketiga variabel independent yang diteliti secara simultan dan parsialberpengaruh signifikan terhadap advertising value situs www.telkomsel.com yang membuktikanhipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabelinformativeness mempunyai pengaruh paling kuat dalam advertising value situs www.telkomsel.com .Oleh karena itu Telkomsel perlu mempertahankan dan meningkatkan nilai informasi yang diterimapengakses dengan memperbaharui informasi jika ada informasi terbaru dari PT.Telkomsel danmenambah menu – menu yang sifatnya menghibur bagi pengakses.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/je.19.02.p.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.