PENGARUH FAKTOR – FAKTOR AUDIT INTERNAL, PENGENDALIAN INTERNAL, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN BUMN PEKANBARU)

Yolanda Safitri Nelaz, H. Amir Hasan, Enni Savitri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah faktor-faktor audit internal, pengendalian internal, dan budaya organisasi berpengaruh terhadap pelaksanaan good corporate governance. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan BUMN di Pekanbaru.Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 responden. Sebanyak 75 kuesionwe diisi dengan lengkap dan dapat diolah. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan SPSS 21.0 dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor audit internal, budaya organisasi berpengaruh terhadap good corporate governance sementara pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap good corporate governance. Nilai signifikan masing-masing variabel dalam penelitian ini adalah 0,005 untuk independensi, 0,002 untuk kemampuan profesional, 0,000 untuk lingkup pekerjaan, 0,011 untuk pemeriksaan kegiatan pemeriksaan, 0,173 untuk pengendalian internal , 0,000 untuk budaya organisasi


Keywords


Good Corporate Governance; Faktor-Faktor Audit Internal; Pengendalian Internal dan Budaya Organisasi

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin dkk. 2008. Auditing dan Jasa Assurance pendekatan terintegrasi jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hidayah, Erna. 2008. Pengaruh Kualitas Pengungkapan Informasi terhadap Hubungan Antara Penerapan Corporate Governance dengan Kinerja Perusahaan Bursa Efek Jakarta. JAAI Vol. 12 No 1 : 53-64.

Hiro Tugiman. 2006. Standar Profesional Audit Internal.Yogyakarta: Kanisius.

Maradiasmo,2007. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi

Moeller, R. R. (2008). Sarbanes-Oxley Internal Controls: Effective Auditing with AS5, CobiT, and ITIL. John Wiley and sons, Inc. New Jersey.

Mulyadi, 2013. Auditing, Edisi 6. Salemba Empat, Buku 1. Jakarta

Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/je.26.3.p.84-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.