ANALISIS PENGARUH KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM (SEMINGGU SEBELUM DAN SESUDAH KENAIKAN BBM) TAHUN 2013

Rinda Fithriyana ', Emrinaldi Nur DP ', Vince Ratnawati '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan harga saham, abnormal return, value saham, volume perdagangan saham dan frekuensi perdagangan saham sebelum dan sesudah peristiwa kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tahun 2013. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia, Indonesian Capital Market Directory. Sumber data lainnya berasal dari sumber bacaan seperti buku-buku, jurnal, dan data dari internet. Analisis data menggunakan Uji Paired Sample t-test. Dari hasil analisis diketahui bahwa peristiwa kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tahun 2013 berpengaruh negatif terhadap harga saham, value saham, volume perdagangan saham dan frekuensi perdagangan saham. Adapun tingkat signifikan masing-masing sebesar 0,000, 0,003, 0,006 dan 0,021. Sedangkan terhadap abnormal return tidak ada pengaruh sama sekali.

Kata Kunci : Peristiwa kenaikan harga BBM, harga saham, abnormal return, value saham, volume perdagangan saham dan frekuensi perdagangan saham.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/je.22.3.p.168-182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.