ANALISIS PENGARUH KUALITAS DAN NILAI PELAYANAN TERHADAP PERTUMBUHAN JUMLAH TABUNGAN NASABAH PADA BANK PEMERINTAH CABANG PEKANBARU

Gatot Wijayanto '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor kualitas dan nilai pelayanan yang terdiri dari faktor Tangible, Reliablity, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Reputation, Recognition, dan Brand Loyalty. terhadap pertumbuhan jumlah tabungan nasabah bank pemerintah cabang Pekanbaru, baik secara simultan (serentak) maupun parsial dan untuk mengetahui faktor kualitas dan nilai pelayanan yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap pertumbuhan jumlah tabungan nasabah bank pemerintah cabang Pekanbaru. Dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden dari keseluruhan nasabah yang menabung di bank pemerintah cabang Pekanbaru sebanyak 27.726 orang sebagai populasinya dan menggunakan Analisis Jalur (Path Analisis). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepentingan atau harapan nasabah bank pemerintah cabang Pekanbaru terhadap kualitas dan nilai pelayanan jasa bank dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah tabungan nasabah bank pemerintah cabang Pekanbaru pada umumnya relatif sangat penting di harapakan di mata para nasabahnya. Di samping itu, tanggapan sebagian besar atau mayoritas responden terhadap kualitas dan nilai pelayanan yang meliputi Tangible, Reliablity, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Reputation, Recognition, dan Brand Loyalty mendapat penilaian yang relatif baik dari para nasabahnya. Dari hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa aspek dimensi reputation yang merupakan nilai pelayanan jasa bank berpengaruh relatif besar terhadap pertumbuhan jumlah tabungan nasabah bank pemerintah cabang Pekanbaru. Agar kualitas dan nilai palayanan bank pemerintah cabang Pekanbaru mampu memberikan konstribusi yang lebih tinggi lagi terhadap tingkat pertumbuhan jumlah tabungan bank, maka selayaknya bank pemerintah cabang Pekanbaru mempertimbangkan; masalah perluasan jaringan dan prasarana pendukung, penyempurnaan sistim dan prosedur yang didukung oleh sistim komputerisasi, meningkatkan kemudahan dalam proses pembukaan, penyetoran dan penarikan dana, adanya kepedulian terhadap para nasabah agar tercipta brand loyalty. Di samping itu, agar nilai pelayanan yang dilakukan oleh bankpemerintah cabang Pekanbaru tetap baik sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan jumlah tabungan, maka perlunya meningkatkan keindahan inrterior dan eksterior yang khas tempat melakukan pelayanan bagi para nasabah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/je.22.2.p.59-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.