Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Penilaian Satuan Kerja Perangkat Daerah (STUDI PEMERINTAHAN DI KOTA DUMAI)

Sem Paulus Silalahi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh anggaran berbasis kinerja, sistem akuntansi keuangan daerah dan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah terhadap penilaian kinerja satuan kerja perangkat daerah di Dumai.

Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode survey dengan bantuan instrumen penelitian berupa kuestioner yang berjumlah 60 lembar yang disebarkan langsung pada 33 satuan kerja perangkat daerah yang ada di Dumai yang ditujukan langsungk kepada kepala satuan kerja dan kepala bagian yang bekerja pada satuan kerja perangkat daerah tersebut. Data pada penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 17.0. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian digunakan korelasi Pearson dan Cronvach Alpha. Disamping itu juga dilakukan pengujian normalisasi data dengan menggunakan normal probability plot.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggaran berbasis kinerja, sistem akuntansi keuangan daerah, dan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penilaian kinerja satuan kerja perangkat daerah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/je.20.03.p.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.